Jumat, 05 September 2008

Bangun dan Bina I-Brand

Amalia E. Maulana, Ph.D. menyebut lima langkah utama membangun I-Brand. Namun sebelum itu, tentukan dulu akan jadi apa Anda lima atau sepuluh tahun mendatang, apa yang dibutuhkan untuk mencapai target itu, dan bagaimana cara sampai ke tujuan?
1. Identifikasi siapa target audience dalam kelompok stakeholders, buatlah ranking kepentingan mulai target utama hingga sampingan, pahami kebutuhan dan aspirasi mereka, pelajari siapa saja pesaing Anda.
2. Posisikan I-Brand Anda di tempay yang unik, relevan, dan punya diferensiasi tertentu.
3. Desain diri Anda agar sesuai dengan positioning I-Brand tersebut. Misal, benahi packaging diri Anda melalui jenjang pendidikan atau isi dengan prestasi.
4. Implementasikan nilai yang telah Anda janjikan dengan konsisten memberikan kontribusi terhadap target audience. Juga ciptakan brand experience yang menyenangkan, misal menciptakan momen-momen yang punya nilai.
5. Evaluais keberadaan I-Brand Anda, seberapa meleset kenyataan dari target, sesuaikan langkah dan arah bila terjadi perubahan eksternal yang di luar kendali.

Tidak ada komentar: